Kamis, 16 September 2010

Mengenal Perangkat Komputer (part 1)

Perangkat komputer mempunyai fungsi yang berbeda satu sama lain. Keyboard mempunyai fungsi utama memasukkan data dan perintah ke dalam komputer. Monitor berfungsi menampilkan data dan pengolahan data yang telah kita masukkan lewat keyboard. CPU berfungsi menyimpan dan mengolah data yang dimasukkan kemudian diteruskan ke monitor untuk ditampilkan. Setelah data yang dimasukkan yang kemudian diteruskan ke monitor maka kita memerlukan printer untuk mencetak pengolahan data ke dalam kertas kerja (paper out). Selain keyboard, monitor, CPU dan printer alat lain yang sangat diperlukan untuk mengoperasikan komputer adalah mouse. Benda kecil yang lincah bergerak ini berfungsi sebagai penunjuk pemberi perintah.

Semua perangkat tersebut satu sama lain saling berhubungan. Dalam mengoperasikan kadang kita memerlukan beberapa perangkat lain yang bisa mendukung pekerjaan yang menggunakan komputer. Perangkat yang sering digunakan antara lain :
- Disket digunakan untuk menyimpan data
- Piringan CD digunakan untuk memasukkan atau mengaktifkan CD
- Speaker digunakan bila ingin mengaktifkan musik, serta alat-alat lainnya

Semua perangkat komputer baik yang inti maupun pendukung diletakkan pada satu tempat yang tidak berjauhan agar dalam pekerjaan dengan bantuan komputer akan berjalan lancar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar